• Sabtu, 23 Oktober 2021

Mengusung Tema Sustainable, Pameran IDW Universitas Gunadarma ke 4 Jadi Solusi Isu Bekerlanjutan Dimasyarakat

- Rabu, 22 September 2021 | 15:25 WIB
Design Interior
Design Interior
LIPUTAN BEKASI- Pameran IDW (Interior Design Week) merupakan sebuah acara pameran desain interior yang dilaksanakan oleh mahasiswa jurusan Desain Interior Gunadarma">Universitas Gunadarma (Gundar) secara rutin setiap penghujung semester.
 
Salah satu tujuan acara IDW ini dilaksanakan adalah untuk mengapresiasi karya yang telah dihasilkan para mahasiswa Gundar yang ada dijurusan Desain Interior.
 
 
Heru Surya Tanjung adalah salah satu Mahasiswa Desain Interior Gunadarma">Universitas Gunadarma berkata “Pameran Interior Design Week yang kami adakan, bertujuan sebagai bentuk kompetisi antar mahasiswa, dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya Desain Interior, karna sudah seharusnya masyarakat melek desain” tutur Heru.
 
 
Pameran IDW yang diadakan oleh jurusan Desain Interior sudah memasuki tahap ke 4, dengan menyajikan berbagai karya hasil mahasiswa yang akan dipamerkan.  Acara ini terbuka untuk umum dan gratis.
 
Tema yang diambil dalam Pameran IDW yang dilaksanakan setiap semester ini pun selalu berbeda dari Pameran IDW sebelumnya.
 
Pada tanggal 06-11 September 2021, tema yang digunakan saat ini dalam pameran IDW, menggunakan isu yang Sustainable atau berkelanjutan dilingkungan masyarakat.
 
 
Sustainable diambil dari bahasa Inggris yang mempunyai arti berkelanjutan. Dan jika dihubungkan dengan bidang interior, berarti interior yang berkelanjutan. Nah salah satu contoh isu yang berkelanjutan ini ialah permasalahan sampah dimuka bumi. Maka sudah seharusnya seorang desainer merespon isu tersebut, dan bisa mengolah sampah menjadi sesuatu yang menarik seperti fashion, furniture dan kriya," lanjut Heru.
 
Pameran IDW ke empat mengambil judul Loka Sangkil. Loka Sangkil diartikan sebagai wadah yang efisien dalam mencapai tujuan yang optimal.
 
 
“Judul dengan tema yang kami ambil saling berkaitan. Dimana seorang desainer menjadikan nama Loka sebagai wadah berkarya yang ramah lingkungan, dan berkelanjutan. Sangkil sebagai solusi seorang desainer dalam memanfaatkan sumber daya alam yang bisa diperbaharui, sehingga mampu menghasilkan produk desain yang bisa didaur ulang, dan bisa digunakan dalam jangka waktu panjang” Tambah Heru Surya Tanjung.
 
Tema berkelanjutan ini diterapkan dalam acara workshop, yang dipandu langsung oleh Kerta Bumi. Kegiatan workshop tersebut membahas bagaimana mengolah sampah menjadi barang atau benda yang bermanfaat bagi manusia.
 
 
Selain itu, para peserta yang tergabung dalam kegiatan workshop tersebut diminta untuk mempraktekkan mengolah sampah menjadi bahan layak pakai, yang nantinya akan dikumpulkan pada acara puncak pameran IDW ke 4 2021 pada tanggal 11 September 2021. 
 
Dalam acara Talkshow and Sharing Session bersama Yu Sing,ST,IAI, Dr. Tony Sofian,S.Sn.,M.T, dan Dinullah Bayu Ibrahim,S.Ars,M.Sc.*** (Siti Ika Fatmawati)

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Link Twibbon Hari Santri Nasional Indonesia 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:11 WIB

Viral, Bocah SMP Miliki Nama Unik Di Sumsel

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:55 WIB
X