• Sabtu, 23 Oktober 2021

Presidensi KTT G20 Indonesia, Forum Internasional yang Akan Mengangkat Citra Indonesia Dimata Dunia

- Rabu, 22 September 2021 | 10:51 WIB
Keterangan Pers Bersama mengenai Presidensi Indonesia di G20 Tahun 2022, Selasa 14 September 2021. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)
Keterangan Pers Bersama mengenai Presidensi Indonesia di G20 Tahun 2022, Selasa 14 September 2021. (Tangkapan Layar YouTube Sekretariat Presiden)

LIPUTAN BEKASI - Pemerintahan Indonesia dalam satu tahun kedepan mengemban sebagai Presidensi KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G20 hingga akhir tahun 2022.

Forum Internasional ini merupakan forum yang sangat strategis, karena terdiri dari beberapa negara maju yang berkembang.

Keseluruhan negara anggota G20 adalah negara yang mempunyai populasi dunia sebanyak 60 persen dan 85 persen menguasai PDB (Produk Domestik Bruto) dunia.

Baca Juga: Menjadi Tuan Rumah KTT G20 Tahun 2022, Indonesia Siap Memetik Manfaat untuk Pemulihan Ekonomi Dalam Negri

Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 12 Tahun 2021 tentang Kepanitian Nasional Penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, membentuk Panitia Nasional dan telah menyiapkan infrastruktur dan logistik untuk menerima negara anggota G20 dan memastikan kelancaran penyelenggaraan pertemuan G20 selama setahun mendatang.

Didalam Kepanitian Nasional tersebut ialah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto,
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Baca Juga: Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional, Menko Airlangga Memberi Apresiasi OJK dan Perbankan yang Membantu

Dikutip dari laman web kominfo.go.id, didalam Keppres No. 12 Tahun 2021 yang diterbitkan pada tanggal 27 Mei 2021 oleh Presiden Joko Widodo, terdapat beberapa tugas Panitia Nasional yaitu:

  • Menyusun dan menetapkan rencana induk penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia, termasuk di dalamnya penentuan tema, agenda prioritas, dan rangkaian kegiatan Presidensi G20 Indonesia;
  • Menyusun dan menetapkan rencana kerja dan anggaran penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia;
  • Mengadakan persiapan dan penyelenggaraan pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi, pertemuan tingkat Menteri dan Gubernur Bank Sentral, pertemuan tingkat Sherpa, pertemuan tingkat Deputi, pertemuan tingkat Working Group, dan pertemuan tingkat Engagement Group melalui kemitraan dengan Troika G20, negara anggota G20, dan organisasi internasional;
  • Mengadakan persiapan dan penyelenggaraan program Side Events;
  • Mengadakan persiapan dan penyelenggaraan program Road to G20 Indonesia 2022; dan
  • Melakukan monitoring penyelenggaraan Presidensi G20 Indonesia.

Baca Juga: Pandemi Covid-19 Masih Dimanfaatkan Orang Untuk Berbuat Baik Dan Berbuat Jahat Dari Segi Ekonomi Dan Sosial

Banyak manfaat yang diambil dalam Presidensi G20 Indonesia dalam bidang Investasi dan Perekonomian di Indonesia yakni peluang peningkatan kosumsi domestik, penambahan PDB (Produk Domestik Bruto) serta membuka lapangan kerja diberbagai sektor industri.

Halaman:

Editor: Rahmat Fauzy

Sumber: Kominfo, Bank Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Link Twibbon Hari Santri Nasional Indonesia 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:11 WIB

Viral, Bocah SMP Miliki Nama Unik Di Sumsel

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:55 WIB
X