• Sabtu, 25 Juni 2022

Amerika Serikat Ancam Boikot G20, Ini Kata Pemerintah RI

- Senin, 11 April 2022 | 16:46 WIB
Presiden AS Joe Biden (Sumber foto : Instagram/ bidenharrisupdate)
Presiden AS Joe Biden (Sumber foto : Instagram/ bidenharrisupdate)

LIPUTANBEKASI.COM - Amerika Serikat (AS) mengancam akan memboikot sejumlah pertemuan G20, jika Rusia tidak dikeluarkan dari kelompok itu.

Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengatakan hal tersebut sudah dijelaskan Presiden Joe Biden. Bahkan Indonesia sebagai presidensi sudah diberi tahu.
 
Terkait hal tersebut, pemerintah Indonesia turut angkat bicara. Namun, tidak ada jawaban tegas soal rencana kehadiran Putin yang tidak diinginkan sejumlah negara.
 
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan tidak semua pernyataan perlu direspons.
 
"Kami mencermati apa yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS), namun kami juga memiliki kebijakan untuk tidak mengomentari statement yang disampaikan tersebut. Tidak semua pernyataan perlu kita respons," katanya, Kamis 7 April 2022.
 
Terlepas dari polemik tersebut, dia mengatakan persiapan terus dilakukan. Undangan pun telah disampaikan kepada seluruh anggota G20.
 
 
Baru-baru ini, Amerika mewanti-wanti Indonesia pihaknya tak akan menghadiri pertemuan G20 jika delegasi Rusia tetap hadir.
 
Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, telah menegaskan posisinya kepada para Menteri Keuangan di G20, terutama Indonesia selaku ketua G20 di periode ini.
 
"Presiden Joe Biden telah menjelaskan dan saya tentu setuju dengannya bahwa kami tidak bisa bersikap biasa saja terhadap Rusia di lembaga keuangan mana pun," kata Yellen seperti dikutip Reuters.
 
 
Menanggapi hal itu, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia, Teuku Faizasyah, mengatakan, pihaknya terus melakukan komunikasi dengan negara-negara anggota G-20 dan mengharapkan agar semua menghadiri acara itu.
 
"Dengan tetap mengharapkan kehadiran seluruh anggota G20 dalam berbagai rangkaian pertemuan," kata Faizasyah dalam jumpa pers, Kamis 7 April 2022 melalui zoom. ***

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Thailand Resmi Legalkan Ganja, Untuk Apa?

Kamis, 9 Juni 2022 | 17:20 WIB
X