• Sabtu, 4 Desember 2021

Kematian Ikan Capai 200 Ton dalam Beberapa Hari di Waduk Jangari Cianjur

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 17:10 WIB
Ilustrasi ikan mati di keramba jaring apung (KJA). (Dok. Jabarnews)
Ilustrasi ikan mati di keramba jaring apung (KJA). (Dok. Jabarnews)

LIPUTAN BEKASI – Dinas Perikanan Peternakan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, telah mencatat ikan di keramba jaring apung yang dalam beberapa hari terakhir mati secara bersamaan di Waduk Jangari, Kecamatan Mande, jika ditotal beratnya mencapai diangka 200 ton.

Budi Prayatna selaku dari Kepala UPTD Jangari Dinas Perikanan Peternakan dan Kelautan Kabupaten Cianjur saat dihubungi pada Kamis, 21 Oktober 2021 mengungkapkan, bahwa kematian ikan secara bersamaan ini dalam beberapa hari terakhir.

Baca Juga: Gempa Bumi Berkekuatan 5,3 Magnitudo Guncang Kabupaten Malang, Warga Dihimbau Tetap Tenang dan Waspada  

Kematian ikan di Waduk Jangari disebabkan oleh tingginya curah hujan di bagian hulu, yang menyebabkan air sungai menjadi kotor serta mengalir ke arah Waduk Jangari dan Waduk Cirata. 

“Kawasan dari Waduk Jingari dan Cirata mendapatkan kiriman air kotor dari hulu sungai, sehingga menyebabkan ikan yang berada di dalam jaring terapung kekurangan air bersih, itulah akibatnya ikan mati mendadak dengan jumlah yang sangat besar,” katanya seperti dikutip dari Antara, pada hari Kamis 21 Oktober 2021. 

Baca Juga: Cara Membuat Pengharum Ruangan dengan Bahan Alami : Pakai Jeruk dan Lemon Bisa Loh!

Ia juga menyarankan pembudi daya ikan juga harus mengurangi jumlah bibit ikan yang dipelihara pada musim tanam kedua, menjelang musim penghujan datang, guna mengantisipasi mengalami kerugian. 

“Kami menyarankan para petani lebih cepat memanen ikan saat terjadinya perubahan musim agar tidak mengalami kerugian,” sambungnya

Baca Juga: 6 Manfaat Garam Hitam Himalaya bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menyehatkan Jantung Juga Lho

Akibat dari kematian massal tersebut para pembudi daya ikan mengalami kerugian yang sangat besar. 

Halaman:

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari HAM Sedunia, Polri Akan Adakan Lomba Orasi

Jumat, 26 November 2021 | 19:02 WIB
X