• Rabu, 19 Januari 2022

Ini Kata BNPB Penyebab Banjir Bandang Yang Menyerang di Kota Batu Jawa Timur

- Senin, 8 November 2021 | 19:15 WIB
Ilustrasi Banjir Bandang. (Pixabay)
Ilustrasi Banjir Bandang. (Pixabay)

LIPUTAN BEKASI – Abdul Muhari selaku dari Plt. Kepala Pusat Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengungkapkan salah satu penyebab terjadinya banjir bandang yang menyerang Kota Batu, Jawa Timur, yakni jebolnya bendung alam diakibatkan oleh tingginya debit air yang berasal dari hulu.

“Tingginya curah hujan, menyebabkan debit air yang berada di hulu menjadi lebih besar," kata Abdul Muhari dalam acara jumpa pers yang dilaksanakan secara online, pada Sabtu, 6 November 2021.

Baca Juga: Najwa Shihab Pamer Swa Foto dengan Kapolda dan Wakapolda Setelah Digugat PSSI Terkait Pengaturan Skor

"Nah ini yang menyebabkan airnya tertahan ia melampaui batas volumenya, dan yang terjadi bendung alam ini jebol atau hancur," lanjutnya.

Abdul Muhari menambahkan dalam keterangannya "Ketika bendung alam ini jebol, ini yang membawa material ke bawah tidak hanya masalah pasir saja, melainkan debit volume air yang tinggi beserta pohon pohon yang langsung mengarah ke pemukiman warga,”.

Baca Juga: Ini Harga Tiket World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika Lombok

Bendung alam ini terbentuk dikarenakan oleh longsoran kecil yang berada disisi tebing yang tidak dilindungi oleh vegetasi berakar kuat.

Masalah lainnya yang memperparah kondisi banjir bandang ini adalah banyaknya kebun kebun semusim yang berada di lereng tebing sungai yang berpotensi mengalami longsor jikalau terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

Baca Juga: Perdana Menteri Irak, Mustafa Al Kadhimi Hampir Terbunuh Akibat Serangan Drone Roket di Kediamannya

“Yang berada di sepanjang bantaran sungai cukup banyak yang mempunyai kebun kebun semusim yang berada dan dibuat di lereng tebing sungainya, ketika hujan turun dengan intensitas tinggi," Abdul melanjutkan.

"Tanah ini seperti meleleh dikarenakan akar akar yang kebun tadi tidak mengikat tanahnya sehingga begitu curah hujan tinggi datang ini akan jadi masalah dan membawa saturasi sehingga tanah tersebut bisa turun kebawah dan menyebabkan longsor,” tutupnya.

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup Menuju Sukses yang Wajib DiKetahui

Dampak tanah longsor yang terjadi akibat banjir bandang ini menambah peluang sedimen untuk mengendap sehingga begitu sampai ke pemukiman warga, volume lumpur yang dihasilkan menjadi sangat besar.***

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X