• Sabtu, 4 Desember 2021

Tanah Longsor terjadi di Banjarnegara, Satu Korban Meninggal Dunia

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:05 WIB
Terjadi tanah longsor di Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. (Dok. BPBD Kabupaten Banjarnegara)
Terjadi tanah longsor di Desa Mlaya, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. (Dok. BPBD Kabupaten Banjarnegara)

LIPUTAN BEKASI – Satu warga meninggal dunia dan satu orang luka-luka diakibatkan oleh bencana tanah longsor yang berada di Desa Mlaya, Kecamayan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, pada Kamis, 21 Oktober.

“Salah satu warga dilaporkan meninggal dunia,” kata Abdul Muhari selaku dari Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB, pada Jumat, 22 Oktober 2021.

Baca Juga: Para Nelayan Keluhkan Kapal Asing milik Vietnam yang beroperasi di Pulau Laut Natuna

Dia juga menjelaskan, berdasarkan laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang berada di Kabupaten Banjarnegara, total sebanyak ada tiga desa yang terdampak tanah longsor.

Detailnya adalah Desa Mlaya yang berada di Kecamatan Punggelan, Desa Karekan di Kecamatan Pagentan, dan yang terakhir ada Desa Susukan di Kecamatan Wanayasa.

Baca Juga: Tertimpa Kontainer Mobil Direktur Indomaret di Tol Cipularang, Terungkap

Tercatat ada sejumlah kerugian materiil yang ditimbulkan akibat dari peristiwa tanah longsor itu yakni berupa satu unit rumah rusak dan jalan penghubung Desa Karekan menuju Desa Darmayasa tertutup oleh timbunan longsor. Hingga detik ini, jalan tersebut masih belum bisa dilewati.

“Selain itu ruas jalan penghubung antara Desa Wanayasa dan Desa Dawuhan, atau tepatnya berada di dekat makam Dusun Susukan, Desa Susukan, Kecamatan Wanayasa, juga belum bisa dilewati karena tertutup oleh timbunan longsor dengan panjang yang mencapai kurang lebih 20 meter,” tambahnya.

Baca Juga: Gara-Gara Periksa HP Orang Lain Viral Di Sosial Media Aipda Ambarita Dimutasi

Menurut Abdul, BPBD Kabupaten Banjarnegara telah berkoordinasi dengan dinas terkait guna melakukan upaya percepatan penanganan dan juga penanggulangan bencana longsor tersebut.

Halaman:

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hari HAM Sedunia, Polri Akan Adakan Lomba Orasi

Jumat, 26 November 2021 | 19:02 WIB
X