• Rabu, 17 Agustus 2022

Thailand Resmi Legalkan Ganja, Untuk Apa?

- Kamis, 9 Juni 2022 | 17:20 WIB
Ilustrasi ganja  (SMSolo/pixabay)
Ilustrasi ganja (SMSolo/pixabay)
 
 
LIPUTANBEKASI.COM - Thailand negara pertama di Asia yang telah resmi melegalkan penanaman tanaman mariyuana atau biasa disebut ganja pada Kamis, 9 Juni 2022. Kebijakan itu bertujuan agar naiknya sektor pertanian dan pariwisata serta meringankan kesehatan masyarakat.
 
Thailand mengizinkan konsumsi ganja dalam minuman, makanan dan juga untuk keperluan medis. 
 
Masyarakat juga diizinkan menanam di rumah mereka dengan tujuan untuk keperluan medis. Namun jika untuk keperluan komersial tetap harus mendapat izin dari pihak yang berwenang.
 
Dilansir dari cnnindonesia.com, pemerintah Thailand tetap membatasi pemakaian ganja dengan cara dihisap.
Penggunaan ganja dengan melebihi takaran yang diizinkan yaitu 0,2% THC atau tetrahydrocannabinol dan menggunakan ganja di depan umum.
 
"Departemen kesehatan [akan] mengeluarkan pengumuman yang menentukan bahwa bau dan asap dari ganja dan rami adalah penyebab gangguan di bawah Undang-Undang Kesehatan Masyarakat," pernyataan wakil sekretaris tetap Kementerian Kesehatan, Thongchai Keeratihattayakorn, kepada wartawan pada Rabu, 8 Juni 2022 dikutip dari The Guardian.
Kebijakan ini juga membuat ribuan para narapidana dengan kasus terkait ganja akan dibebaskan, namun tidak berlaku bagi yang terjerat kasus lainnya.
Penulis: Pradiptha Suryo Laksono.***
 
 
 
 

Editor: Ika Nurmalika

Sumber: CNN Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Lirik Lagu Night Changes dari One Direction

Rabu, 17 Agustus 2022 | 12:49 WIB
X