• Minggu, 27 November 2022

7 Keutamaan Sholat Tahajud, Pada Waktu Malam Hari dan Dalilnya

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 16:44 WIB
7 Keutamaan Sholat Tahajud, Pada Waktu Malam Hari dan Dalilnya Sumber foto : Pinterest
7 Keutamaan Sholat Tahajud, Pada Waktu Malam Hari dan Dalilnya Sumber foto : Pinterest
LIPUTANBEKASI.COM –   Sholat Tahajud biasanya dilakukan pada waktu malam, tepatnya setelah melakukan Sholat Isya’ atau diwaktu orang-orang terlelap dalam tidurnya karena keutamaan Sholat Tahajud adalah dapat membersihkan jiwa agar lebih bermakna.
 
Seperti yang telah di sampaikan oleh Fudhail bin Iyadh bahwa "Apabila matahari terbenam aku senang dengan kegelapan. Karena aku dapat berkhalwat (menyendiri) dengan Rabb-ku. Namun bila matahari merekah aku begitu sedih karena banyak orang masuk menemuiku."
 
Dan seperti yang telah disampaikan oleh Allah Swt yang tertulis dalam Surah Al-Muzzammil 73 ayat 6-7 yang berbunyi 
إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلًا إِنَّ لَكَ فِي النَّهَارِ سَبْحًا طَوِيلًا.
Artinya: “Sesungguhnya bangun di waktu malam itu lebih berat dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. Sesungguhnya bagimu di siang hari kesibukan yang panjang.”
 
Karena Sholat Tahajud sendiri mempunyai kekutan yang sangat mengagumkan yang dapat mempungaruhi atmosfir kehidupan di dunia dan juga di akhirat.
Maka dari itu ini dia 7 keutamaan Sholat Tahajud yang dapat kalian lakukan pada waktu malam hari dan dalilnya;
 
 
Waktu doa yang di jabah oleh Allah Swt
Seperti yang telah di jelaskan oleh Rasulullah Saw bahwa
عَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ, قَالَ رَسُولُ اللَّهِ إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ فِيهَا خَيْراً إِلاَّ آتَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ فِى كُلِّ لَيْلَةٍ.
Jabir Ra. berkata, “Aku mendengar Rasulullah bersabda, ‘Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu yang tidaklah seorang muslim meminta kebaikan kepada Allah dari perkara dunia dan akhirat bertepatan dengan waktu tersebut, melainkan Allah Swt. memberinya dan yang demikian itu adalah setiap malam.” (HR. Muslim dan Ahmad)
 
Diumpamakan sedekahnya secara rahasia
Sholat Tahajud lebih baik dari pada dunia dan isinya
Seperti yang telah di jelaskan oleh Rasulullah Saw bahwa
قَالَ رَسُوْلُ اللهِ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا الْعَبْدُ فِى جَوْفِ اللَّيْلِ خَيْرٌ لَهُ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيْهَاوَلَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتىِ لَفَرَضْتُهَا عَلَيْهِمْ.
Rasulullah Saw. bersabda, “Dua rakaat shalat malam yang dilakukan seorang hamba di tengah malam, lebih baik baginya daripada dunia beserta isinya, kalau saja tidak memberatkan umatku maka akan kuwajibkan mereka melakukannya.” (HR. al-Suyuthi)
 
Dapat meraih surga Allah Swt
Seperti yang telah di jelaskan oleh Rasulullah Saw bahwa
قَالَ عَبْدُ اللهِ بِنْ سَلاَم أَوَّلُ مَا قَدَّمَ رَسُوْلُ اللهِ المَدِيْنَةَ اِنْجَفَلَ النَّاسُ إِلَيْهِ، فَكُنْتُ مِمَّنْ جَاءَهُ، فَلَمَّا تَأَمَّلْتُ وَجْهَهُ وَاسْتَبَنْتُهُ عَرَفْتُ أَنَّ وَجْهَهُ لَيْسَ بِوَجْهٍ كَذَّابٌ. قَالَ فَكَانَ أَوَّلُ مَا سَمِعْتُ مِنْ كَلاَمِهِ أَنْ قَالَ أَيُّهَا النَّاسُ أَفْشُوا السَّلاَمَ، وَأَطْعِمُوْا الطَّعَامَ، وَصِلُوا الاَرْحَامَ، وَصَلُّوْا بِاللَّيْلِ وَالنَّاسُ نِياَمٌ، تَدْخُلُوا الجَنَّةَ بِسَلاَمٍ. 
Abdullah bin Salam Ra. berkata, “Ketika Rasulullah menginjakkan kakinya pertama kali di Madinah, manusia mengerumuninya. Aku bersama mereka, saat kuperhatikan dan kucermati wajahnya maka aku tahu bahwa wajahnya bukan wajah seorang pembohong.” (HR. Hakim, Ibnu Majah, dan Tirmidzi)
Ciri-ciri hamba Allah Swt yang bersyukur
 
 
Seperti yang telah di jelaskan oleh Rasulullah Saw bahwa
عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ كَانَ يَقُوْمُ مِنَ اللَّيْلِ حَتىَّ تَتَفَطَّرَ قَدَمَاهُ، فَقَالَتْ عَائِشَةُ لِمَ تَصْنَعُ هَذَا يَا رَسُولَ اللهِ وَ قَدْ غَفَرَ اللهُ لَكَ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ؟ قَالَ أَفَلاَ أُحِبُّ أَنْ أَكُوْنَ عَبْدًا شَكُوْرًا. 
Dari ‘Aisyah Ra. bahwa sesungguhnya Nabi Saw. bangun malam sampai bengkak kakinya, maka ‘Aisyah berkata, “Kenapa engkau melakukan ibadah sampai seperti ini ya Rasulullah, padahal Allah sudah mengampuni dosa-dosamu yang telah lalu dan yang akan datang?” Beliau bersabda, “Tidakkah aku (pantas) menjadi hamba yang banyak bersyukur?” (HR. Muttafaqun ‘alaih)
Mendapatkan rahmat bagi sepasang suami-istri yang menjalankan Sholat Tahajud
Seperti yang telah di jelaskan oleh Rasulullah Saw bahwa
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ, قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ رَحِمَ اللَّهُ رَجُلًا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّى ثُمَّ أَيْقَظَ اِمْرَأَتَهُ فَصَلَّتْ فَإِنْ أَبَتْ نَضَحَ فِي وَجْهِهَا الْمَاءَ وَرَحِمَ اللَّهُ امْرَأَةً قَامَتْ مِنَ اللَّيْلِ فَصَلَّتْ ثُمَّ أَيْقَظَتْ زَوْجَهَا فَصَلَّى فَإِنْ أَبَى نَضَحَتْ فِي وَجْهِهِ الْمَاءَ. 
Abu Hurairah Ra. meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw.  “Allah Swt. merahmati seorang lelaki yang bangun malam kemudian shalat dan membangunkan istrinya. Jika istrinya enggan maka ia memercikkan air di wajahnya. Dan Allah Swt. merahmati seorang wanita yang bangun malam kemudian shalat dan membangunkan suaminya. Jika suaminya enggan maka ia memercikkan air di wajahnya.” (HR. Abu Dawud, Ahmad, dan al-Nasa’i ).
Dapat menghapus dosa dan dapat mengusir segala jenis penyakit
Seperti yang telah di jelaskan oleh Rasulullah Saw bahwa
عَنْ سَلْمَانَ الْفَارِسِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ, قَالَ رَسُولُ اللَّهِ عَلَيْكُمْ بِقِيَامِ اللَّيْلِ فَإِنَّهُ دَأْبُ الصَّالِحِينَ قَبْلَكُمْ، وَمَقْرَبَةٌ لَكُمْ إلَى رَبِّكُمْ، وَمُكَفِّرَةٌ لِلسَّيِّئَاتِ، وَمَنْهَاةٌ عَنِ الْإِثْمِ، وَمَطْرَدَةٌ لِلدَّاءِ عَنِ الْجَسَدِ .
Salman al-Farisi berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Hendaklah kamu bangun malam, karena sesungguhnya (bangun malam itu) adalah tradisi orang-orang Shalih sebelum kamu, sarana untuk mendekatkan dirimu kepada Tuhanmu, penghapus dosa-dosa, pencegah dari berbuat dosa, dan pengusir penyakit dari tubuh.” (HR. Thabrani dan Tirmidzi)
Nah itulah 7 keutamaan Sholat Tahajud sunnah yang dapat dilakukan oleh umat muslim pada waktu malam hari dan juga dalilnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.***

Editor: Andini P.

Sumber: buku tuntunan shalat lengkap

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan Malas Jalan Kaki. Baca Manfaatnya Bagi Tubuhmu

Minggu, 27 November 2022 | 12:53 WIB

Apa Itu Agoraphobia? Inilah Definisi Dan Penyebabnya

Minggu, 27 November 2022 | 10:27 WIB

Asal Usul dan Cara Menyembuhkan Inner Child

Minggu, 27 November 2022 | 08:46 WIB

Resep Pancake: Bisa Diberi Toping Macam-Macam Lho

Sabtu, 26 November 2022 | 20:40 WIB
X