• Senin, 3 Oktober 2022

5 Cryptocurrency Dan Altcoin Penting Selain Bitcoin

- Rabu, 1 Juni 2022 | 14:57 WIB
Cryptocurrency Bitcoin (Pluang.com)
Cryptocurrency Bitcoin (Pluang.com)

LIPUTANBEKASI.COM - Apa Itu Cryptocurrency? Sebelum kita melihat lebih dekat beberapa alternatif untuk Bitcoin (BTC), mari kita mundur dan memeriksa secara singkat apa yang kita maksud dengan istilah seperti cryptocurrency dan altcoin. Cryptocurrency, didefinisikan secara luas, adalah uang virtual atau digital yang berbentuk token atau “koin.” Meskipun beberapa cryptocurrency telah berkelana ke dunia fisik dengan kartu kredit atau proyek lain, sebagian besar tetap sepenuhnya tidak berwujud.

Baca Juga: Partai Gelora Siap Menjadi Parpol Pertama Yang Daftar Sebagai Peserta Pemilu 2024

Ini dia 5 cryptocurrency penting selain bitcoin, yuk simak selengkapnya.

  1. Ethereum (ETH)

Alternatif Bitcoin pertama dalam daftar kami, Ethereum (ETH), adalah platform perangkat lunak terdesentralisasi yang memungkinkan kontrak pintar dan aplikasi terdesentralisasi (dApps) dibangun dan dijalankan tanpa downtime, penipuan, kontrol, atau gangguan dari pihak ketiga. Tujuan di balik Ethereum adalah untuk menciptakan rangkaian produk keuangan terdesentralisasi yang dapat diakses oleh siapa saja di dunia secara bebas, terlepas dari kebangsaan, etnis, atau kepercayaan.4 Aspek ini membuat implikasi bagi negara-negara di beberapa negara menjadi lebih menarik karena negara-negara yang tidak memiliki infrastruktur dan identifikasi negara bisa mendapatkan akses ke rekening bank, pinjaman, asuransi, atau berbagai produk keuangan lainnya.

  1. Litecoin (LTC)

Diluncurkan pada tahun 2011, adalah salah satu cryptocurrency pertama yang mengikuti jejak Bitcoin dan sering disebut sebagai “perak untuk emas Bitcoin.”. Itu dibuat oleh Charlie Lee, lulusan MIT dan mantan insinyur Google.

Litecoin didasarkan pada jaringan pembayaran global sumber terbuka yang tidak dikendalikan oleh otoritas pusat mana pun dan menggunakan scrypt sebagai PoW, yang dapat didekodekan dengan bantuan unit pemrosesan pusat (CPU) tingkat konsumen. Meskipun Litecoin seperti Bitcoin dalam banyak hal, ia memiliki tingkat pembuatan blok yang lebih cepat dan dengan demikian menawarkan waktu konfirmasi transaksi yang lebih cepat.

Baca Juga: Bertemu Langsung dengan Ridwan Kamil di Tepi Sungai Aare, Wali Kota Bern Sampaikan Simpati

  1. Cardano (ADA)

Cardano (ADA) adalah cryptocurrency “Ouroboros proof-of-stake” yang dibuat dengan pendekatan berbasis penelitian oleh para insinyur, matematikawan, dan pakar kriptografi. Proyek ini didirikan bersama oleh Charles Hoskinson, salah satu dari lima pendiri awal anggota Ethereum. Setelah memiliki beberapa ketidaksepakatan dengan arah yang diambil Ethereum, dia pergi dan kemudian membantu menciptakan Cardano.

  1. Polkadot (DOT)

Polkadot (DOT) adalah cryptocurrency PoS unik yang ditujukan untuk memberikan interoperabilitas di antara blockchain lainnya. Protokolnya dirancang untuk menghubungkan blockchain yang diizinkan dan yang tidak memiliki izin serta nubuat untuk memungkinkan sistem bekerja bersama di bawah satu atap. Komponen inti Polkadot adalah rantai relai, yang memungkinkan interoperabilitas berbagai jaringan. Ini juga memungkinkan para chains, atau blockchain paralel dengan token asli mereka sendiri untuk kasus penggunaan khusus.

  1. Bitcoin Cash (BCH)

Bitcoin Cash BCH memegang tempat penting dalam sejarah altcoin karena ini adalah salah satu hardfork paling awal dan paling sukses dari Bitcoin asli. Di dunia cryptocurrency, percabangan terjadi sebagai hasil dari perdebatan dan argumen antara pengembang dan penambang. Karena sifat mata uang digital yang terdesentralisasi, perubahan besar-besaran pada kode yang mendasari token atau koin yang ada harus dilakukan karena konsensus umum; mekanisme untuk proses ini bervariasi sesuai dengan cryptocurrency tertentu. Ketika faksi yang berbeda tidak dapat menyetujui, terkadang mata uang digital terpecah, dengan rantai asli tetap sesuai dengan kode aslinya dan rantai baru memulai kehidupan sebagai versi baru dari koin sebelumnya, lengkap dengan perubahan pada kodenya.

Jadi cryptocurrency atau coin crypto yang penting selain Bitcoin (BTC) menurut versi kalian yang mana nih.***

Halaman:

Editor: Sandi Priyandi

Sumber: Investopedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berikut Beberapa Tips agar Terhindar dari Hacker!

Kamis, 29 September 2022 | 23:08 WIB

Ingin Terhindar dari Hacker? Lakukan 6 Cara Berikut

Kamis, 29 September 2022 | 06:15 WIB

Spesifikasi POCO C40: HP Terbaru 2022 Harga 1 Jutaan

Senin, 26 September 2022 | 07:10 WIB
X