Komunitas E-Sport Indonesia Telah Mencuri Perhatian dan Dukungan dari Pemerintah Indonesia

- Selasa, 31 Januari 2023 | 08:59 WIB
Komunitas E-Sport Indonesia Telah Mencuri Perhatian dan Dukungan dari Pemerintah Indonesia, Hal Inilah yang Menjadi Pemicu !
Komunitas E-Sport Indonesia Telah Mencuri Perhatian dan Dukungan dari Pemerintah Indonesia, Hal Inilah yang Menjadi Pemicu !
LIPUTANBEKASI.COM - E-sport di Indonesia telah mencuri perhatian dari mata publik, terutama mereka yang berusia remaja, sejak beberapa tahun silam.
 
E-sport yang marak dimainkan oleh para remaja serta pemuda/pemudi di Indonesia adalah permainan yang mudah untuk dimainkan di mana saja asal tetap terhubung ke dalam jaringan internet, sederhananya kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk bermain melalui gawai mereka ketimbang PC, laptop, ataupun konsol.
 
Permainan yang kerap kali dimainkan oleh para remaja serta pemuda/pemudi ini adalah PUBGM, MLBB, Wildrift, serta CODM.
 
 
Komunitas e-sport di Indonesia menjadi sangat "massive" semenjak kedatangan dari permainan-permainan yang bisa dimainkan melalu gawai ini.
 
Komunitas MLBB di Indonesia lebih khususnya, menjadi sorotan tersendiri karena menjadi salah satu komunitas yang memiliki jumlah yang tidak sedikit, serta content creator yang jumlahnya juga semakin bertambah setiap harinya.
 
Pada tanggal 1 Januari 2023 pihak dari MLBB mengadakan sebuah event internasional yang diikuti oleh 14 negara dengan 16 tim.
 
Event tersebut dinamakan "MLBB World Championship" atau lebih dikenal dengan sebutan "M-series".
 
 
"M-series" yang pertama, atau biasa disebut sebagai M1, ini bermula dari Malaysia sebagai tuan rumah dan diadakan pada tahun 2019, dan 2 tim dari Indonesia yang keluar sebagai finalis dari kejuaraan tersebut.
 
Indonesia yang pada event internasional pertama MLBB telah merebut kejuaraan dari beberapa negara pada tahun itu, masih belum bisa menarik perhatian dari pemerintah.
 
Namun hal tersebut tidak menjadi sebuah halangan bagi komunitas MLBB di Indonesia untuk berhenti berjuang untuk mendapatkan dukungan resmi dari pemerintah.
 
Para atlet e-sports MLBB di Indonesia hingga saat ini telah meraih banyak sekali prestasi yang bahkan bisa membuat Indonesia menjadi salah satu raksasa yang mendominasi kejuaraan-kejuaraan yang diadakan oleh MLBB.
 
 
Pemerintah memutuskan untuk memberikan dukungan setelah melihat perjuangan para atlet e-sports Indonesia membawa pulang medali emas dan perak pada ajang SEA Games pada tahun 2019 dan SEA Games pada tahun 2021 lalu.
 
Tidak berhenti pada itu saja, event M-series yang keempat, atau biasa disebut dengan M4, menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah, yang menyebabkan antusiasme dari komunitas MLBB Indonesia serta pemerintah Indonesia sendiri semakin memuncak.
 
Pada event tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Bapak Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan beberapa patah kata untuk menunjukkan partisipasi aktif dari pemerintah kepada komunitas MLBB di Indonesia.
 
 
"Kami yakin dengan kolaborasi antara Wonderful Indonesia dan M4, kami percaya bahwa industri esports, khususnya Mobile Legends: Bang Bang akan mendorong tahun 2023 yang jauh lebih optimis dalam hal pemulihan pascapandemi.", sebut Bapak Sandiaga Uno seperti yang dilansir dalam Instagram @mpl.id.official pada 9 Januari 2023 kemarin.
 
"Bersikaplah rendah hati, tunjukkan pada dunia bahwa kita memiliki atlet hebat dan tim yang luar biasa", lanjutnya.

Editor: Andini P.

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menu Takjil Ramadhan Praktis dijamin Laris Manis

Kamis, 16 Maret 2023 | 11:32 WIB
X