• Minggu, 27 November 2022

Puan Bekomentar Bocornya Semua Data Rahasia Pemerintah, Hacker Bjorka Senang Membuat Pemerintah Indonesia Keta

- Kamis, 29 September 2022 | 14:44 WIB
Puan Bekomentar Bocornya Semua Data Rahasia Pemerintah, Hacker Bjorka Senang Membuat Pemerintah Indonesia Ketar-Ketir Sumber foto : Twitter dan Wikipedia
Puan Bekomentar Bocornya Semua Data Rahasia Pemerintah, Hacker Bjorka Senang Membuat Pemerintah Indonesia Ketar-Ketir Sumber foto : Twitter dan Wikipedia
LIPUTANBEKASI.COM –   Kasus terbaru yang harus di selesaikan oleh pemerintah Indonesia adalah kasus bocornya semua data rahasi milik pemerintah Indonesia, mulai dari Data pribadi sampai dengan data milik negara.
 
Puan Maharani selaku Ketua DPR RI selalu mendesak dan mengingatkan pemerintah untuk segera menyelesaikan hal tersebut.
 
Karena Puan Maharani juga ikut di buat ketar-ketir dengan Hacker Bjorka, dengan munculnya atau tersebarnya data pribadi miliknya.
 
Puan Maharani berkata “DPR RI memintah pemerintah untuk segera menggelar audit keamanan siber di seluruh kementerian dan lembaga negara” Katanya dalam wawancara yang Puan lakukan di Jakarta pada tanggal 13 September 2022.
 
 
Segera menggelar audit keamanan siber dan mendorong BSSN (Badan Siber dan Sandi Negara) dan berharap pemerintahan Indonesia dapat dengan cepat menyelesaikan dan menghentikan teror Bjorka yang terjadi saat ini.
\
Puan Maharani juga menambahkan komentarnya “Audit keamanan siber wajib dilakukan setelah banyak kasus kebocoran data di Indonesia. Seharusnya PSE melakukan pengamanan, termasuk dengan menggunakan enkripsi untuk data pribadi masyarakat.
 
Kebocoran data yang dialami kementerian maupun lembaga negara tentu akan berdampak besar” Puan menjelaskan komentarnya dengan detail.
 
Karena bocornya data pribadi masyarakat dapat juga dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, juga dapat dimanfaatkan oleh pihak yang selalu memanfaatkan keadaan.
 
 
Menko PMK juga menambahkan komentarnya “Maka perlu segera dilakukan pembenahan sistem di kementerian dan lembaga negara terkait dengan keamanan siber”
 
DPR RI juga didesak untuk mempercepat pengesahan RUU PDP atau bisa disebut dengan Perlindungan Data Pribadi yang telah selesai dalam proses pembahasan di tingkat pertama.
 
Puan Maharani juga menambahkan “DPR RI terus berkomitmen mengawal agar RUU PDP segera di sahkan sebagai undang-undang sehingga hal sipil warga negara terkait privasi atas data pribadinya dapat dilindungi dan dijamin oleh negara”
 
Hal tersebut dapan menjadi awal dari hukum PDP yang mampu menjadi ladasan bagi negara dalam pengaturan PSE untuk pengamanan data dan sistem.
 
Dan dilengkapi dengan membuat rodmap atau peta jalan yang harus dengan segera dilengkapi dan kemudian mulai di aturanya penataan penguatan SDM dan untuk meningkatkan teknologi dalam membangun sistem keamanan siber yang kuat.
 
Puan Maharani juga menambahakan dengan adanya payung hukum PDP yang dapat menjalankan Indonesia dalam berinteraksi dengan negara-negara lain dengan optimal dan terlindungi data pribadinya, hingga saat ini sudah jadi agenda dalam persyaratan perdagangan dunia.
 
Untuk itu perlunya perlindungan hukum data pribadi yang snagat penting untuk mejaga kepercayaan komsumen dan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.***

Editor: Guritna Wijaya

Sumber: Twitter

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ingin Jadi Penulis? Ini Skill yang Harus Kamu kuasai!

Minggu, 27 November 2022 | 16:53 WIB

Mantan Paranormal Nyentrik Ki Joko Bodo Meninggal Dunia

Selasa, 22 November 2022 | 16:20 WIB
X