• Sabtu, 23 Oktober 2021

Kapal Asing Boleh Eksploitasi SDA di Laut Indonesia dengan Syarat, Pernyataan Pangkoarmada TNI AL

- Sabtu, 18 September 2021 | 12:29 WIB
Ilustrasi kapal penangkap ikan. ( /Pixabay/Anestiev)
Ilustrasi kapal penangkap ikan. ( /Pixabay/Anestiev)

LIPUTAN BEKASI - Mengungkap hasil patroli udara di wilayah Laut Natuna Utara pada Jumat, 17 September 2021, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I TNI Angkatan Laut (AL) Arsyad Abdullah.

Beroperasinya sejumlah kapal asing dari China, Vietnam, hingga Amerika Serikat (AS) di Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia, untuk mengecek kebenaran kabar, patroli udara dilakukan.

Arsyad Abdullah melaporkan, tidak ditemukan kapal asing yang mencari ikan di wilayah Indonesia, berdasarkan hasil pantuan udara.

"Karena ZEE adalah perairan internasional di mana merupakan hak lintas damai dari negara-negara yang akan melintas di perairan tersebut," ucap Arsyad Abdullah dikutip Pikiran-rakyat.com dari Antara pada 17 September 2021, Arsyad Abdullah hanya melihat 4 kapal asing melintas yang mana dibolehkan. 

Baca Juga: Aksi Brutal Kelompok Bersenjata Viral, Polisi Ungkap Kronologinya, erang Kantor Adira Finance Karawang

Dikutip liputanbekasi,com dari Pikiran Rakyat dengan judul "Pangkoarmada TNI AL Sebut Kapal Asing Boleh Eksploitasi SDA di Laut Indonesia dengan Syarat."

Jika ada kapal asing yang ingin mengeksploitasi sumber daya alam (SDA) di laut Indonesia, hal itu dibolehkan asalkan mengantongi izin dari pemerintah Indonesia.

"Indonesia hanya memiliki hak berdaulat di sana, jadi bukan kedaulatan. Hak berdaulat itu berarti kita memiliki hak untuk melaksanakan eksplorasi dan eksploitasi," sebut Arsyad Abdullah.

Baca Juga: Hendak Mencuci Pakaian, Warga Pebayuran Temukan Mayat, Dikira Boneka atau Kasur Hanyut

Halaman:

Editor: Nurrijal Fahmi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Link Twibbon Hari Santri Nasional Indonesia 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:11 WIB

Viral, Bocah SMP Miliki Nama Unik Di Sumsel

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:55 WIB
X