• Sabtu, 25 Juni 2022

5 Amalan yang Dicontohkan Rasulullah SAW di Bulan Ramadhan

- Rabu, 6 April 2022 | 16:30 WIB
ilustrasi tadarus Al-Qur'an, salah satu amalan yang dicontohkan Rasulullah (Sumber foto:  Pixabay/ @SyauqiFillah)
ilustrasi tadarus Al-Qur'an, salah satu amalan yang dicontohkan Rasulullah (Sumber foto: Pixabay/ @SyauqiFillah)
LIPUTANBEKASI.COM  - Bulan Ramadhan memiliki keutamaan yang luar biasa bagi umat Muslim.
 
Adapun keutamaan tersebut diantaranya adalah rahmat (kasih sayang Allah), ampunan (maghfirah), dan masuk ke surga-Nya (terbebas dari api neraka).
 
Allah SWT akan melipatgandakan ganjaran dari ibadah dan amalan yang dilakukan ummat Muslim di bulan Ramadhan.
 
 
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW.
 
“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan karena keimanan dan hanya mengharap pahala, dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari).
 
Kendati begitu, untuk mendapatkan keutamaan Ramadhan, umat Muslim perlu mencontoh Sunnah atau amalan-amalan yang dikerjakan Rasulullah SAW.
 
Lalu apa saja amalan yang dicontohkan Rasulullah di bulan suci Ramadhan? Berikut macam-macamnya.
 
 
1.  Sahur
 
Meskipun bukan suatu kewajiban, Rasulullah SAW tidak pernah melewatkan sahur karena terdapat begitu banyak keberkahan dan pahala yang didapat dari makan sahur.
 
Dalam sebuah hadits, dari Abdullah bin Al Harits dari seorang sahabat Rasulullah SAW, berkata bahwa, "Aku masih menemui Nabi SAW ketika dia makan sahur,".
 
"Kemudian beliau berkata, 'Sesungguhnya makan sahur adalah berkah yang Allah berikan kepada kalian, maka janganlah kalian tinggalkan,". (HR An Nasaa`i dan Ahmad).
 
 
2. Tadarus Al-Qur'an
 
Rasulullah gemar membaca Al-Qur'an di bulan Ramadhan, sebagaimana yang dijelaskan oleh sahabat Rasulullah, Abdullah bin Abbas ra.
 
“Nabi Saw. adalah manusia paling dermawan dalam masalah kebaikan. Kedermawanan beliau mencapai puncaknya pada bulan Ramadan, pada saat berjumpa dengan Malaikat Jibril. Biasanya Malaikat Jibril as. menjumpai Nabi Saw. pada setiap malam di bulan Ramadan hingga akhir bulan. Nabi Saw. membaca Alquran di hadapannya. Jika beliau telah berjumpa dengan Malaikat Jibril as. beliau sangat dermawan dalam masalah kebaikan ibarat angin yang kencang.” (HR. Al Bukhari dan Muslim).
 
 
Rasulullah bersabda bahwa amalan yang dicintai oleh Allah SWT adalah membaca Al-Qur'an.
 
“Dari Ibnu Abbas ra, beliau mengatakan ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah,’Wahai Rasulullah, amalan apa yang paling dicintai Allah?’ beliau menjawab,’al-hal wal murtahal,’ dirinya bertanya lebih lanjut,’Apakah al-hal wal murtahal itu?’ Rasul menjawabnya, ‘Yaitu orang yang membaca Alquran dari awal sampai akhir. Setiap kali selesai ia mengulanginya lagi dari awal,’” (HR. Tirmidzi)
 
3. Bersedekah
 
Bersedekah di bulan Ramadhan memiliki sejumlah keutamaan yang salah satunya adalah dapat menghapuskan dosa yang dimiliki manusia. 
 
Sebagaimana Sabda Rasulullah SAW.
 
 
“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,” (HR Tirmidzi). 
 
4. Sholat Malam
 
Rasulullah mengajarkan untuk melakukan ibadah sholat malam seperti Sholat Tarawih dan Tahajud karena memiliki keutamaan dapat mengampuni dosa.
 
Selain itu, sholat malam juga memiliki keutamaan berupa mendapatkan pahala beribadah satu malam penuh.
 
5. Memberi makan orang yang berpuasa
 
Dari ‘Ali bin Abu Thalib ra. beliau berkata, Nabi SAW bersabda.
 
“Sesungguhnya di surga terdapat kamar-kamar yang mana bagian luarnya terlihat dari bagian dalam dan bagian dalamnya terlihat dari bagian luarnya.”Lantas seorang arab baduwi berdiri sambil berkata, “Bagi siapakah kamar-kamar itu diperuntukkan wahai Rasululullah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Untuk orang yang berkata benar, yang memberi makan, dan yang senantiasa berpuasa dan salat pada malam hari di waktu manusia pada tidur.” (HR Tirmidzi).
 
 
Demikianlah 5 amalan yang dicontohkan Rasulullah SAW di bulan Ramadhan.***

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kumpulan Doa yang Dapat Dibaca di Bulan Ramadhan

Rabu, 13 April 2022 | 18:00 WIB

Ini Dia 7 Manfaat Sholat Tarawih untuk Kesehatan

Selasa, 12 April 2022 | 16:50 WIB

Simak! Makna dari Malam Lailatul Qadar

Senin, 11 April 2022 | 17:01 WIB

Tata Cara Sholat Dhuha, Niat Beserta Doanya

Selasa, 5 April 2022 | 12:25 WIB

Dzikir dan Doa Sholat Tahajud

Selasa, 5 April 2022 | 06:15 WIB
X