• Kamis, 23 September 2021

Efek Samping Vaksin Pfizer, Menurut Studi di AS Anak Laki-laki Lebih Beresiko Usai Disuntik

- Sabtu, 11 September 2021 | 22:25 WIB
Ilustrasi vaksin Pfizer. (Sebuah studi di Amerika Serikat menyebut jika anak laki-laki yang disuntik vaksin Pfizer/BioNTech memiliki risiko efek samping lebih besar. )
Ilustrasi vaksin Pfizer. (Sebuah studi di Amerika Serikat menyebut jika anak laki-laki yang disuntik vaksin Pfizer/BioNTech memiliki risiko efek samping lebih besar. )

LIPUTAN BEKASI - Efek samping vaksin Pfizer/BioNTech menyebabkan radang jantung yang harus dirawat di rumah sakit, dibandingkan Covid-19 itu sendiri. Anak laki-laki yang sehat mungkin memiliki risiko lebih besar menurut peneliti di Amerika Serikat (AS).

Para peneliti menganalisis data medis yang menunjukan bahwa usai divaksin Pfizer anak laki-laki usia 12 hingga 15 tahun, tanpa kondisi medis yang mendasarinya, empat hinga enam kali lebih mungkin didianogsis dengan miokarditis.

Namun setelah suntikan vaksin dosis kedua Pfizer, sebagian besar anak yang mengalami efek samping justru jarang merasakan gejala.

86 persen anak laki-laki yang terkena efek samping usai divaksin Pfizer, dilansir laman The Guardian.

Baca Juga: Kasus Aneh Seorang Wanita Di China Yang Tidak Tidur 40 Tahun Lamanya

Dikutip liputanbekasi.com dari Pikiran Rakyat dengan judul " Studi di AS: Anak Laki-lak Lebih Berisiko Terkena Efek Samping Usai Disuntik Vaksin Pfizer."

Saul Faust, profesor imunologi pediatrik dan penyakit menular di University of Southampton, mengatakan jika temuan itu tampaknya membenarkan pendekatan yang sangat hati-hati terkait vaksinasi pada remaja yang kini tengah diawasi oleh Komite Gabungan Vaksin dan Imunisasi Inggris.

JCVI tidak merekomendasikan anak-anak berusia 12 hingga 15 tahun yang sehat. Pihak petugas media Inggris disebut akan membuat keputusan akhir terkait vaksinasi terhadap remaja pada minggu depan.

Baca Juga: Taliban Akan Bentuk Pemerintahan Baru Afganistan Besok Setelah Salat Jumat

Halaman:

Editor: Supriyatna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X