• Senin, 3 Oktober 2022

Fotografi, Mengenal Fungsi Setiap Bagian dan Tombol pada Kamera Digital DXLR

- Rabu, 17 Agustus 2022 | 22:55 WIB
Ilustrasi Fotografi Mengenal Fungsi Setiap Tombol pada Kamera Digital DXLR
Ilustrasi Fotografi Mengenal Fungsi Setiap Tombol pada Kamera Digital DXLR
 
Liputanbekasi – Mengenal fungsi dari setiap tombol yang ada pada kamera digital DXLR merupakan suatu hal penting yang harus diketahui oleh para fotografer, karena setiap tombol yang ada pada kamera mempunyai fungsi dan perannya masing – masing.
Pengenalan fungsi dari beberapa tombol terutama pada tombol dasar kamera yang dibuat di setiap jenis kamera DXLR baik Fuji, Canon, Nikon dan jenis kamera lainya.
Berikut fugsi dari beberapa tombol kamera digital DXLR
Sutter
Merupakan tombol pada kamera yang berada di sebelah kanan, berfungsi sebagai tombol merekam gambar secara auto atau pun manual. Fungsi lainya jika tombol sutter pada kamera ditekan setengah maka objek terpandu ke titik fokus yang dimana dapat langsung dengan mudah kita merekam gambar atau objek.
 
 
Tombol sutter pada kamera pada seri tinggi atau profesional biasanya dilengkapi dengan tombol pengunci objek (AF-ON) dengan cara kerja yang sama menekan setengah pada tombol sutter.
Tombol Pelepas Lensa
Merupakan tombol yang berfungsi untuk melepas dan mengunci lensa yang ada di body kamera. Cara kerjanya mudah dnegan cara menekan tombol di sebelah kiri kamera dan kemudian putar searah jarum jam untuk melepas dan mengunci lensa kamera pada body kamera.
Grip
Merupakan ergonomi tangan untuk fotografer, grip kamera biasa terbuat dari karet yang dapat menyerap keringat. Biasa semakin mudah seorang fotografer untuk memegang dan meminimalisir capek ditangan maka semakin mahal pula harga kamera digital DXLR.
 
 
Dial Mode Button
Merupakan bagian tombol kamera yang memnyai beberapa fitur yang berfungsi untuk pengaturan kebutuhakan para fotografer dengan gambar mode fitur M, A, S, P atau Auto. Jika pada kamera jenis Canon mempunyai gambar mode fitur Av, Tv, P dan M. Dengan fungsi mode fitur sebagai berikut
Mode fitur M
Mode ini biasa juga disebut mode manual, yang juga sering digunakan oleh para fotografer untuk eksplorasi fotogarafi, bukan untuk pemula tapi bukan berarti pemula tidak perlu mempelajari mode ini.
Mode ini juga mempunyai peran penting untuk membangun sisi seni dan komersial meski mode lain juga perlu digunakan untuk fotografi.
 
 
Mode fitur Av/A
Mode ini biasa sering disebut mode Aperture Priority yang merupakan mode untuk memprioritaskan bukaan diafragma kamera, yang dimana dapat memfokuskan Depht of Field (DoF) untuk memnymepitkan objek yang telah ditentukan.
Biasa digunakan untuk mode fotografi landscape pantai dengan sisi blur di sudut terjauh dan juga dapat digunakan untuk fotografi momentum di sore hari.
Mode fitur Tv/S
Mode yang sering juga disebut dengan speed priority, yang bertujuan untuk merekap objek yang bergerak. Dengan fungsi utama untuk memprioritaskan kecepatan rana (sutter speed).
Dengan cara mengatur sutter speed maka diafragma kamera kan mengikuti, biasa digunakan untuk fotografi olahraga, air terjun dan laju kendaraan.
 
 
Mode fitur P
Modei ini merupakan mode yang hampir sama dengan mode Auto kamera dengan setting sutter speed dan diafragma otomatis. Pembedanya mode ini dapat digunakan untuk pengaturan internal flash, White Balance untuk mengatur komposisi warna yang tepat.
Mode fitur Auto
Mode ini merupakan mode otomatis kamera yang digunakan untk fotografer amatir dengan balajar komposisi atau fotografi. Memberikan efek gamabra yang kurang bagus apalagi pada saat setting flash internal menyala di ruangan yang kurang cahaya, akibatnya akan mengahsilkan gambar jepretan yang kurang maksimal. 
Soket Tripod
Merupakan bagian kamera yang berfungsi untuk memasang tripod atau pun monopod pada kamera digital DXLR dan juga untuk memeasang baterai grip pada body kamera.
 
 
LCD Kamera
Merupakan bagaian kamera yang berfungsi untuk melihat hasil gamabar atau foto yang telah di jepret dan untuk mengatur menu pemotretan.
Viewfinder
Merupakan bagian kamera untuk bantalan mata sebagai penahan cahaya, yang berguna untuk melihat objek yang akan di foto atau dijepret. Selain itu untuk menahan embun ketika berada di daerah yang dingin untuk mengurangi uap yanga da pada kaca viewfnder.
Tombol Navigasi
Merupakan tombol pada kamera yang berfungsi untuk melihat setting kamera dan melihat hasil gambar yang telah di foto atau di rekam dan untuk mengarahkan fokus manual.
 
 
Lampu Flash
Merupakan bagian pada kamera digital yang terdiri dari dua yaitu flash bawaan kamera dan flash external. Yang keduanya berfungsi untuk pencahayaan dan untuk flash bawaan kamera berfungsi untuk pedukung bantuan cahaya dalam fotografi.
Mengenal fungsi setiap bagian dan tombol pada kamera digital DXLR sangat penting untuk para fotografer karena jika tidak mengenal dan fungsi dnegan baik maka fotografer tidak dapat menggunakan kamera dengan baik.
Semoga informasi mengenai fotografi, mengenal fungsi bagaian dan tombol pada kamera digital DXLR dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembaca juga para fotografer pemula dan profesional.

Editor: Defrin Zakiyah Insani

Sumber: Buku Ajar Fotografi Teori dan Praktik

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Masakan Simple Untuk Anak Kos, Resep Ayam Kecap !!!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:05 WIB

Simak Manfaat Lain Dari Mengkonsumsi Buah Mangga

Minggu, 2 Oktober 2022 | 15:01 WIB

Rekomendasi Menu Masakan untuk Anak Kos, Cek Yuk !!!

Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:54 WIB

Fakta ONE PIECE Berhasil Unggul dari DORAEMON

Minggu, 2 Oktober 2022 | 14:23 WIB

Simak!! Beberapa Manfaat Santan Untuk Kecantikan

Jumat, 30 September 2022 | 21:51 WIB

Resep membuat Cream vla horn bread

Jumat, 30 September 2022 | 20:38 WIB

Simak! 5 Obat yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersama

Jumat, 30 September 2022 | 20:30 WIB

Simak!! Beberapa Manfaat Putih Telur Untuk Kecantikan

Jumat, 30 September 2022 | 20:04 WIB

5 Resep Kue dari Tepung Beras dengan Beragam Pengolahan

Jumat, 30 September 2022 | 19:16 WIB
X