• Rabu, 17 Agustus 2022

10 Tips Mudik Aman dan Sehat, Salah Satunya Patuhi Protokol Kesehatan

- Senin, 25 April 2022 | 12:28 WIB
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo memaparkan 10 tips mudik Lebaran 2022 yang aman dan sehat bagi masyarakat. (Humas Polri)
Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo memaparkan 10 tips mudik Lebaran 2022 yang aman dan sehat bagi masyarakat. (Humas Polri)
LIPUTANBEKASI.COM - Hari raya Idul Fitri tinggal menghitung hari lagi, yang berarti mudik telah mulai dilakukan oleh masyarakat di Indonesia.
 
Mudik atau pulang ke kampung halaman di Indonesia biasa dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri.
 
Melansir dari pmjnews.com, ada 10 tips mudik aman dan sehat yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia.
 
1. Pastikan rumah yang ditinggalkan mudik dalam keadaan terkunci, agar aman dari pencuri atau siapa pun yang berniat jahat.
 
 
2. Informasikan kepada tetangga atau orang terdekat di sekitar rumah kita yang tidak melakukan mudik bahwa kita akan mudik, agar mereka dapat membantu menjaga keamanan rumah kita.
 
3. Informasikan kepada Bhabinkamtibmas untuk didata.
 
4. Untuk masyarakat yang mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi baik. Kendaraan harus dicek secara saksama sebelum berangkat agar mudik berjalan dengan aman.
 
 
5. Untuk masyarakat yang mudik dengan kendaraan umum, pastikan tiket beserta barang-barang yang diperlukan tidak lupa untuk dibawa.
 
6. Jangan membawa barang-barang berharga yang berlebihan ketika mudik, agar tetap aman dalam perjalanan.
 
7. Pastikan masyarakat telah memiliki kekebalan dan imunitas dari bahaya virus Covid 19, dengan cara melakukan vaksin yang lengkap sampai dengan dosis ketiga atau vaksin booster.
 
 
8. Patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada ketika berkendara saat mudik. Jangan memaksakan diri ketika lelah, beristirahatlah pada rest area yang telah disediakan.
 
9. Apabila ada gangguan dalam perjalanan mudik, masyarakat dapat menghubungi pos pam atau pos pelayanan kepolisian yang tersebar di jalur mudik.
 
10. Jangan lupa untuk tetap disiplin dalam melakukan protokol kesehatan ketika berkegiatan dalam mudik, agar tercipta mudik yang aman dan sehat.
 
 
Demikian 10 tips mudik aman dan sehat yang sebutkan oleh Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.***
 
 

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X