Penasaran keberkahan Bulan Rajab? Berikut penjelasannya

- Selasa, 31 Januari 2023 | 21:32 WIB
Ilusrasi suasana penuh berkah (Chattrapal (Shitij) Singh via pexels.com)
Ilusrasi suasana penuh berkah (Chattrapal (Shitij) Singh via pexels.com)

LIPUTANBEKASI.COM– Bulan Rajab adalah bulan ke tujuh dalam penggalan tahun hijriah. Bulan ini merupakan bulan yang ditunggu-tunggu kaum muslim selain bulan Ramadhan. Bulan Rajab memiliki banyak keistimewaan dan memiliki banyak keutamaan disbanding dengan bulan bulan lainnya.

Bulan Rajab juga dis ebut sebagai salah satu Istimewa, karena pada bulan ini juga terjadi peristiwa penting bagi kaum Muslim. Peristiwa yang harus diyakini kejadiannya oleh seluruh umat muslim. Tepat pada tanggal 27 Rajab, terjadi peristiwa Isra’ dan Mijraj nya Nabi Muhammad SAW.

Banyak amalan-amalan yang dapat di lakukan kaum muslim selama berada pada bulan Rajab. Amalan yang hanya ada di bulan Rajab mengandung banyak keberkahan, Bulan Rajab juga merupakan salah satu bagian dari bulan Haram, selain bulan Dzulqaedah, Bulan Dzulhijjah, dan bulan Muharram. hal ini termaktub dalam salah satu hadist Shahih Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Song Hye Kyo Siap Memulai Balas Dendam yang Sesungguhnya Di “The Glory Season 2”

 ”Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqo’dah, Dzulhijjah dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR. Bukhari no. 3197 dan Muslim no. 1679).

Selain hadist tersebut diperkuat lagi dengan Firman Allah SWT dalam Al Quran surah Attaubah ayat 36

”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.” (QS. At Taubah: 36)

Baca Juga: Valentine Day tapi Jomblo? Tenang, Ada Rekomendasi Lagu Lawas 90an Buat Kamu Yang Mau Nostalgia

Banyak sekali umat muslim yang mengerjakan berlomba lomba mengerjakan berbagai amalam kebaikan di bulan Rajab ini. Seperti halnya berpuasa, sedekah dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan akan adanya balasan berlipat ganda dari setiap amalan yang di buat tersebut.

Bulan Rajab juga di jadikan sebagai momentum mempersiapkan diri untuk menyambut bulan suci Ramadhan untuk setiap kaum muslim. Pada bulan rajab ini banayk umat muslim yang melaksanakan kegaitan puasa sunnah dah mengkhususkan umrah di bulan Rajab.

Bulan Rajab ini merupakan tonggak dari setiap rangakaian ibadah penting sebelum bulan bulan setelahnya, sebagian ulama menafsirkan jika Bulan Rajab itu sebagi bulan Menanam, Bulan Syakban sebagai bulan Menyirami, dah akhirnya apda bulan Ramadan sebagai bulan panen berkah **

Editor: Defrin Zakiyah Insani

Sumber: Beragam Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bacaan Doa Menyambut Ramadhan Beserta Maknanya

Jumat, 17 Maret 2023 | 16:09 WIB

Bekal Ramadhan Untuk Muslimah

Selasa, 14 Maret 2023 | 13:05 WIB
X