16 Arti Mimpi Bertemu dengan Allah, Nomor 4 dan 5 Teguran Bagi Para Muslimah!

- Selasa, 22 November 2022 | 16:23 WIB
Mimpi Seolah Bertemu Allah Merupakan Suatu Karunia dan Petunjuk dari Allah.  Sumber Foto: Pexels.com
Mimpi Seolah Bertemu Allah Merupakan Suatu Karunia dan Petunjuk dari Allah. Sumber Foto: Pexels.com

LIPUTANBEKASI.COM - Pernahkah kamu bermimpi bertemu dengan Allah? Bermimpi seolah-olah kamu bertemu di hadapan-Nya langsung.

Jika, kamu pernah bermimpi bertemu dengan Allah, pasti ada rasa penasaran yang timbul dalam benakmu, apa sebenarnya arti mimpi ini?

Sebelum membahas arti mimpi bertemu dengan Allah, mari kita pahami terlebih dahulu mengenai jenis mimpi yang bisa diterjemahkan.

Mimpi terbagi dua yaitu, mimpi yang benar dan yang batil. Adapun yang pengertian dari mimpi yang benar dan mimpi yang batil tersebut.

Baca Juga: Hal yang Paling Dibenci oleh Allah, Inilah Beberapa Jenis Syirik yang Wajib Muslim Tahu!

Mimpi yang benar adalah yang dialami manusia tatkala kondisi psikologisnya seimbang dan keadaan cuaca sedang, seperti ditandai oleh bergoyangnya pepohonan hingga berjatuhannya dedaunan.

Mimpi yang benar tidak didahului dengan adanya pikiran dan keinginan akan sesuatu yang kemudian muncul dalam mimpi. Kebenaran mimpi juga tidak ternodai oleh peristiwa junub dan haid.

Adapun mimpi yang batil ialah yang ditimbulkan oleh bisikan nafsu, keinginan, dan hasrat. Mimpi demikian tidak dapat diartikan.

Adapun beberapa makna mimpi ketika seorang hamba bertemu dengan Tuhan berdasarkan sumber Al-Qur'an dan as-Sunnah. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Bermimpi Seolah Berdiri di Hadapan Allah

Ustadz Abu Sa`ad di mengatakan bahwa barangsiapa yang mimpi seolah-olah dia berdiri di hadapan Allah SWT sedang Allah SWT melihatnya, mimpinya itu adalah mimpi rahmat jika dia adalah orang yang saleh.

Jika dia bukan orang yang saleh, dia harus waspada karena Allah SWT berfirman, “(Yaitu) pada hari (ketika) semua orang bangkit menghadap Tuhan seluruh alam.” (al-Muthaffifin: 6)

Baca Juga: 2 Korban Meninggal dan Beberapa Rumah Hancur Pasca Gempa Magnitudo 5,6 Guncang Cianjur

2. Bermimpi Seolah Sedang Berdoa Kepada Allah

Jika bermimpi seolah-olah berdoa kepada-Nya, berarti dia dimuliakan karena dekat dengan-Nya dan disukai orang. Allah SWT berfirman,

“Dan Kami telah memanggilnya dari sebelah kanan gunung (Sinai) dan Kami dekatkan dia untuk bercakap-cakap.” (Maryam: 52)

3. Bermimpi Seolah Bersujud di Hadapan Allah

Jika anda bermimpi seolah-olah sedang sujud di hadapan Allah SWT, artinya ia didekatkan kepada-Nya dan dicintai manusia karena Allah SWT berfirman,

"...dan sujudlah serta dekatkanlah (dirimu kepada Allah)." (al-'Alaq:19)

4. Bermimpi Seolah Berbicara dengan Allah dari Balik Hijab

Jika mimpi berbicara dengan-Nya dari balik hijab, agamanya menjadi baik dan dapat melaksanakan amanah (jika dia memikulnya) serta kekuasaanya menjadi kuat.

5. Bermimpi Seolah Berbicara dengan Allah Tanpa Hijab

Jika mimpi berbicara dengan-Nya tanpa hijab, dia akan melakukan kesalahan dalam agamanya karena Allah SWT berfirman,

"Dan tidaklah patut bagi seorang manusia bahwa Allah akan berbicara kepadanya kecuali dengan perantaraan wahyu atau dari belakang tabir..." (asy-Syuura:51)

Baca Juga: Ciri Istidraj yang Jarang Disadari Umat Muslim. Apa Saja?

6. Bermimpi Seolah Dihampiri Allah

Jika dia melihat-Nya dengan hati secara takzim dan seolah-olah Allah SWT menghampirinya, memuliakannya, mengampuninya, atau menghisabnya.

Atau sedang memberinya kabar gembira tanpa kehadiran sifat-Nya secara khusus, dia akan menemui-Nya seperti itu pula pada hari Kiamat.

7. Bermimpi Seolah Allah Menjanjikan Ampunan

Jika bermimpi bahwa Allah SWT menjanjikan ampunan dan rahmat kepadanya, tidak diragukan lagi bahwa janji itu benar karena Allah SWT tidak mengingkari janji.

Namun, dia akan mendapatkan ujian menyangkut diri dan penghidupannya sepanjang hidupnya.

Jika bermimpi seolah-olah Allah SWT menasihatinya, dia akan menghentikan apa yang tidak diridhai Allah SWT sesuai firman-Nya,

"...Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran." (an-Nahl:90)

8. Bermimpi Seolah Allah Memakaikan Baju Kepada Hambanya

Jika Dia memakaikan baju kepadanya, diartikan dengan kebingungan dan penyakit sepanjang hidupnya. Namun, hal itu membuatnya banyak bersyukur.

Dikisahkan bahwa ada orang bermimpi seolah-olah Allah SWT memberinya dua baju lalu dia mengenakannya saat itu juga.

Dia menanyakan arti mimpi tersebut kepada Ibnu Sirin. Ibnu Sirin menjawab, "Bersiaplah untuk menderita penyakit belang hingga pulang ke rahmatullah."

9. Bermimpi Seolah Melihat Cahaya dari Allah

Jika dia melihat cahaya yang membuatnya kebingungan dan tidak membuatnya meraih kejelasan, dia takkan meraih manfaat dari usahanya sepanjang hayatnya.

10. Bermimpi Seolah Allah Memberi Nama pada Hambanya

Jika bermimpi bahwa Allah SWT memberinya nama dengan nama-Nya atau nama lain, dia dapat mengatasi persoalannya dan mengalahkan musuhnya.

11. Bermimpi Seolah Allah Memberikan Harta Dunia

Jika bermimpi bahwa Dia memberinya suatu harta dunia, hal itu merupakan ujian yang menjadi sarana diperolehnya rahmat Allah.

12. Bermimpi Seolah Allah Murka Pada Hambanya

Dalam sebuah kabar ditegaskan, "Ridha Allah SWT berkenaan dengan keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah SWT berkaitan dengan kemurkaan orang tua."

Ada pula yang mengartikan bahwa barangsiapa yang bermimpi seolah-seolah Allah SWT murka kepadanya, dia akan jatuh dari tempat yang tinggi karena Allah berfirman,

"....Barangsiapa ditimpa kemurkaan-Ku, sungguh, binasalah dia." (Thaahaa:81)

Jika bermimpi seolah-seolah dia jatuh dari benteng, langit, atau gunung, hal itu menunjukkan kemurkaan Allah SWT kepadanya.

13. Bermimpi Seolah Berhadapan dengan Allah di Suatu Tempat

Jika bermimpi seolah-seolah dirinya berada di hadapan Allah SWT di suatu tempat yang diketahuinya.

Akan meratalah keadilan dan kesuburan di tempat ini, binasalah penduduk yang zalim, dan di menangkanlah penduduknya yang dizalimi.

14. Bermimpi Seolah Melihat Kursi Allah

Jika bermimpi seolah-seolah dia melihat kursi Allah SWT, niscaya dia meraih nikmat dan rahma Allah SWT.

15. Bermimpi Seolah Ditunjukkan Berhala

Jika mimpi melihat patung lalu dikatakan kepadanya, "Inilah tuhanmu" atau dia menduga bahwa itu merupakan tuhannya, lalu dia menyembah dan bersujud kepadanya.

Berarti dia akan berkubang dalam kebatilan yang dianggapnya sebagai kebenaran. Inilah mimpi orang yang mendustakan Allah SWT.

16. Bermimpi Seolah sedang Mencari Allah

Jika mimpi seolah-olah dia mencaci Allah SWT, dia akan mengingkari nikmat Rabb Azza wa Jalla dan tidak rela terhadap ketetapan-Nya.***

 
 

Editor: Andini P.

Sumber: Buku Tafsir Mimpi Menurut Al-Quran dan As-Sunnah karya M. Ib

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Teman ini Harus Kamu Pertahankan!

Selasa, 31 Januari 2023 | 20:59 WIB
X