"Guru Umat", profil singkat habib Umar bin Hafidz

- Sabtu, 6 Mei 2023 | 06:36 WIB
  (pinterest)
(pinterest)


LIPUTANBEKASI - Habib Umar lahir pada tahun 1963 di Kota Tarim, Hadramaut, Yaman. Beliau berasal dari keluarga ulama terkemuka di Yaman, dan sejak kecil sudah terbiasa mengaji dan belajar ilmu agama dari ayahnya sendiri.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di Yaman, Habib Umar melanjutkan pendidikan agamanya di Mekah dan Madinah. Beliau belajar langsung dari beberapa ulama besar seperti Syekh Ali Jaber, Syekh Muhammad al-Yaqoubi, dan Syekh Muhammad al-Hafiz.

Setelah menyelesaikan studinya, Habib Umar kembali ke kampung halamannya di Tarim dan mulai mengajar di beberapa pesantren di daerah tersebut. Beliau juga sering melakukan perjalanan ke berbagai negara untuk memberikan ceramah dan mengajar ilmu agama kepada umat Islam di seluruh dunia.

Baca Juga: Dari spiritual hingga finansial, begini dahsyatnya Sholat Duha

Selain sebagai seorang ulama, Habib Umar juga dikenal sebagai tokoh spiritual yang sangat dihormati dan dijadikan panutan oleh banyak orang.

Beliau selalu menekankan pentingnya keikhlasan dalam beribadah dan beramal, serta selalu mengajarkan tentang nilai-nilai kasih sayang, toleransi, dan persaudaraan kepada sesama manusia.

Habib Umar juga dikenal sangat dermawan dan murah hati, dan sering membantu orang-orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan apapun.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tahajud

Beliau selalu membuka pintu hatinya untuk semua orang, tanpa memandang suku, agama, atau latar belakang sosial.

Kehidupan Habib Umar memang memberikan inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia, dan beliau sering dijuluki sebagai "Guru Umat" karena pengaruh positifnya dalam menyebarkan dakwah Islam yang moderat, toleran, dan inklusif.

Habib Umar memang terkenal dengan jiwanya yang besar dan keikhlasannya yang lapang, dan semoga kita bisa mengambil inspirasi dari kehidupannya untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan berguna bagi sesama. wallahu a'lam.***

Editor: Arifka Brilliana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Adab Murid Terhadap Guru di Era Digital

Sabtu, 13 Mei 2023 | 10:44 WIB

Amalan-amalan Pemancing Rezeki

Rabu, 10 Mei 2023 | 11:48 WIB

konsep surga dan neraka dalam Islam

Sabtu, 6 Mei 2023 | 09:09 WIB

Habbatussauda, kecil, hitam berkhasiat

Sabtu, 6 Mei 2023 | 06:58 WIB

Cara Dakwah Nabi Muhammad kepada Anak-anak

Sabtu, 6 Mei 2023 | 06:43 WIB

Satir Gus Dur dan Ceritanya

Sabtu, 6 Mei 2023 | 06:39 WIB

Terpopuler

X