• Kamis, 18 Agustus 2022

Resmi! Harga BBM Pertamax Naik, Inilah Tanggapan SBY di Era-nya

- Sabtu, 2 April 2022 | 14:13 WIB
Tanggapan SBY perihal kenaikan BBM (  Sumber Foto: Tangkapan Layar TikTok/@heryfahmy)
Tanggapan SBY perihal kenaikan BBM ( Sumber Foto: Tangkapan Layar TikTok/@heryfahmy)

LIPUTANBEKASI.COM - PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax yang berlaku mulai hari ini, 1 April 2022 pukul 00.00 waktu setempat.

Harga Pertamax yang sebelumnya sekitar Rp9.000 hingga Rp9.400 per liter, kini menjadi Rp12.500 hingga Rp13.000 per liternya.

Dengan kenaikkan harga BBM jenis Pertamax tersebut, lantas teringat akan video Mantan Presiden RI Ke 6 yakni TNI (Purn) Dr. H. Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab dengan sapaan SBY saat memberikan tanggapannya perihal kenaikkan BBM (29/08/2014).

Baca Juga: Erick Thohir Usut Tuntas Utang Jumbo di BUMN

"Dulu setiap Pemerintah mengusulkan kenaikkan BBM selalu ditolak oleh kalangan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), sejumlah fraksi bahkan sejak awal tidak pernah setuju kalau saya menaikkan harga BBM," Ungkap SBY dalam video tersebut (29/08/2014).

SBY juga menjelaskan alasan kalangan DPR menolak kenaikkan BBM pada masa ia menjabat, yakni karena kalau BBM dinaikkan, maka inflansi naik, dan kemiskinan membengkak.

Namun saat ini kenaikkan harga BBM jenis Pertamax tersebut dikabarkan mendapat dukungan dari DPR.

Baca Juga: 3 Perusahaan BUMN dengan Hutang Fantastis, Berikut Profil Selengkapnya

Sontak membuat heboh, dan warganet diingatkan kembali ketika ketua DPR Puan Maharani pernah menangis di era SBY yang menaikkan BBM sebesar Rp200.

"Oleh karena itu, saya mempunyai pandangan yang berbeda. Kalau harus saya naikkan lagi BBM tahun ini, beban rakyat terlalu berat. Kasihan mereka," Ujar lanjut SBY dalam video.

Saat ini juga banyak warganet yang mengeluhkan harga BBM yang naik, khususnya jenis Pertamax, sehingga membandingkan pada era saat ini dengan era SBY.

Baca Juga: Sudah Menemukan Penggantinya sebagai Menteri BUMN, Erick Thohir memilih Perempuan Muda

"Dulu zaman pak SBY rencana mau kenaikan BBM sampai demo besar. Sekarang main naik, diam-diam aja gak ada yang demo," tulis akun @cintiacindy11031990 dalam komentar pada unggahan video @heryfahmy.

Kini video unggahan @heryfahmy telah ditonton sebanyak 3juta dengan 12ribu komentar.***

Editor: Rahmat Fauzy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Stabil, Minggu 3 April 2022

Senin, 4 April 2022 | 07:00 WIB
X