• Kamis, 23 September 2021

TPA Burangkeng Kelebihan Kapasitas, Pemkab Bekasi Membuka Peluang Kerjasama dengan Pihak Ketiga

- Rabu, 15 September 2021 | 16:25 WIB
Foto TPA Buarangkeng di Kecamatan Setu. (http://bekasikab.go.id/)
Foto TPA Buarangkeng di Kecamatan Setu. (http://bekasikab.go.id/)

LIPUTAN BEKASI - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng yang berlokasi di Desa Burangkeng Kecamatan Setu Kabupaten Bekasi sudah melebihi kapasitas.

Hal ini menjadi masalah serius yang harus segera diatasi oleh pihak-pihak terkait.

Pemerintah Kabupaten Bekasi melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi terbuka untuk bekerjasama kepada badan usaha, BUMD ataupun pihak swasta.

Dengan harapan kerjasama tersebut dapat memberikan solusi atas masalah kelebihan kapasitas yang dialami Burangkeng">TPA Burangkeng, sehingga umur TPA ini bisa lebih panjang.

Baca Juga: Pemdes Burangkeng Berencana Lapor Gubernur, Pj Bupati Bekasi Belum Respons

"Ya, kita sedang menjajaki kerjasama dengan pihak ketiga untuk memanfaatkan tumpukan sampah yang sudah menggunung (di Burangkeng">TPA Burangkeng). Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi punya konsep, tumpukan sampah yang sudah puluhan tahun itu bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk barang lain termasuk biogas," kata Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan, Rabu, 14 September 2021.

Dani Ramdan mengatakan, apabila pengelolaan yang dicanangkan bisa berjalan, secara otomatis akan mengurangi volume sampah yang kini kian menumpuk.

Karena jika kondisi penumpukan sampah di Burangkeng">TPA Burangkeng tidak ditangani, maka dimungkinkan sudah tidak bisa digunakan sebagai penampungan sampah di tahun 2022 nanti.

Baca Juga: Pemkab Bekasi Siap Beri Sanksi Perusahaan yang Buang Limbak ke Sungai, Tunggu Hasil Uji Lab

Halaman:

Editor: Refly Rafesqy

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X